Wednesday, October 3, 2012

Kubik Band Indonesia

Kubik berdiri sejak tahun 1995, dengan formasi Lusimers (bas, vokal), FX. Adam J. (gitar, vokal), dan Iman (drums). Pada awalnya ada satu personil lagi yaitu Vict yang menjadi vokalis tetapi akhirnya harus mengundurkan diri karena kepindahannya ke kota lain untuk meneruskan studinya, maka dari itu posisi vokalis diambil alih oleh Lusimers dan FX.Adam.J. Semenjak itu mereka terus bereksperimen dan membuat lagu di studio milik Iman, sampai terkumpul sekitar 20 lagu, yang akhirnya dirangkum menjadi 10 lagu.

Diskografi

Album pertama
Mereka merilis album pertama pada tahun 1997, di bawah perusahaan rekaman Target Pro & Musitama Multimedia, sebuah perusahaan rekaman baru tapi memiliki jaringan distribusi nasional. Padahal pada awalnya mereka hanya memperdengarkan demo mereka tersebut kepada seorang rekan tetapi rupanya mereka langsung ditawari kontrak rekaman untuk 3 buah album. Album pertama tersebut berhasil terjual sekitar 45.000 keping, suatu hasil yang cukup memuaskan untuk ukuran band baru.

Album kedua
Pada tahun 1999 album kedua mereka yang bertitel “Violet” dirilis dan masih di bawah perusahaan rekaman yang sama. Album kedua yang berisi 2 buah lagu baru dan hasil remix dari beberapa materi dari album pertama tersebut, diproduksi oleh Koil, sebuah band industrial asal Bandung yang merupakan teman seperjuangan mereka. Semenjak album kedua, formasi Kubik hanya tinggal berdua setelah Iman resmi mengundurkan diri pada tahun 1998. Setelah memproduksi album “Violet”, FX.Adam.J pun harus hijrah ke Amerika untuk bekerja disana selama 2 tahun. Pada saat itu dia pun sempat memperoleh pendidikan “Music Production dan Audio Engineering” di Institute of Audio Research, NYC.

Dan Kubik pun harus vakum dulu untuk sementara. Pada saat itu waktu yang dipergunakan lebih banyak untuk mengumpulkan materi lagu untuk album ketiga. Selama kurun waktu 2 tahun, FX.Adam.J telah mengkomposisi sebanyak 30 buah lagu, sepulangnya dari Amerika lantas Kubik pun aktif kembali, dan proses rekaman dimulai sejak tahun 2001 dan baru berakhir pada akhir tahun 2003.

Album ketiga
Album baru mereka yang diberi judul “Velvet words and lies” diproduksi oleh mereka sendiri dan dirilis di bawah label Apocalypse Rekords, sebuah label rekaman independen milik FX.Adam.J dan J.A.V yang telah merilis album-album dari Koil, Silent Sun, Pause, Diabolique, Moondogs dan Pseudo.

Sumber Wikipedia

Ada yang mau nambahin tentang "Kubik" ?

Tambahan
Pada awal tahun 1995, tiga teman SMA, yaitu Adam Joswara, Abdullah Firmansah (Iman), dan Vict sering ngumpul dan membuat lagu bersama-sama di rumah Iman. Pada saat itu mereka hanya menggunakan gitar dan drum untuk membuat lagu, dan mereka telah membuat sekitar delapan lagu. Karena kebutuhan mereka akan pemain bass mereka akhirnya bertemu dengan Lusi Mersiana (Miauw), lewat seorang teman. Pada saat Miauw bergabung tepatnya bulan Oktober 1995, Vict semakin sibuk dengan pekerjaannya dan memutuskan untuk mengundurkan diri, akhirnya tinggal mereka bertiga. Akhirnya mereka sepakat untuk meneruskan band ini dengan Miauw sebagai vokalis sekaligus pemain bass.

Pada masa bertiga tersebut banyak lagu yang sudah mereka buat, dan lagu-lagu yang pernah dibuat dulu akan disimpan sebagai kenangan. Mereka sendiri belum mempunyai nama untuk band mereka sampai mereka membuat 4 lagu mereka yaitu: `A Year Later`, `Vanished`, `You Shouldn't Stay` dan `Angin` untuk demo mereka. Nama Kubik diusulkan oleh Adam, karena Kubik merupakan lambang satuan (m3) karena mereka cuma bertiga lalu sepakat memakai Kubik untuk nama band. Demo tersebut dibuat di Studio RYR Bandung dengan bantuan dana dari seorang teman mereka. Demo tersebut langsung dibawa ke Jakarta oleh Adam untuk diperdengarkan kepada salah seorang temannya yang pernah menjadi wartawan musik majalah remaja yang juga salah seorang pengamat musik yaitu Seno M. Hardjo.

Niat Kubik yang sebenarnya hanya untuk meminta pendapat saja tentang demo tersebut tetapi rupanya mas Seno (begitu panggilannya) sangat tertarik dengan demo tersebut dan beliau berniat untuk menjadi produser Kubik. Setelah itu Kubik dikontrak sebanyak tiga album oleh mas Seno dan berada di bawah Target Management, dan mereka memulai proses rekaman album perdananya bulan Oktober 1996 sampai bulan Desember 1996. Akhirnya album perdana mereka dirilis pada bulan Maret 1997 dengan PT. Musitama Multi Media sebagai distributornya.

"Mohon koreksinya bila terdapat kesalahan.."

No comments:

Post a Comment

Silakan beri komentar Anda. No Spam No Ads. Thanks.