Saturday, September 29, 2012

Resep Pertemanan: Jangan Pernah Sungkan!

Pertemanan seharusnya menjadi lebih indah. Ini ada tips dari Billy Boen. Siapa Billy Boen? baca ini.
*  *  *

Banyak orang yang merasa sungkan kalau mau minta tolong. Padahal, kita semua tahu bahwa manusia itu tanpa terkecuali adalah mahkluk sosial. Artinya, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mampu hidup tanpa bantuan orang lain. Dari kita lahir hari pertama aja kita udah butuh pertolongan dokter, suster, orang tua kita untuk nyuapin, ngasih minum, mandiin, ajarin ngomong, ajarin jalan, dsb.

Nah, koq udah gede kita jadi ’sok’, ngga mau minta tolong orang lain? Apakah karena kita sudah berasa bisa semuanya? Atau, karena merasa ngga enak ngerepotin orang lain?

Ini teori pertemanan yang saya miliki dan yang saya jalanin sekarang ini…

Pertemanan itu harus tulus. Artinya, kita jangan cuma menghubungi teman kita kalau lagi butuh. Ini ajaran yang saya dapatkan dari best friend saya, Yance Muchtar. Dialah orang yang dari dulu hingga sekarang, konsisten menghubungi saya dari waktu ke waktu, meski dia lagi ngga butuh apa-apa. Jadi kalau telpon saya, kira-kira begini percakapan kami:

Yance: “Hi Bro,… pa kabar?”

Billy: “Bae, thanks. Kalo elu sendiri gimana? What’s up (apa yang bisa gua bantu)?”

Yance: “Ohh, good deh. Ngga, gua cuma mau nanya kabar elu aja. Bae-bae aja kan ya? Ya udah… later Bro”

Billy: “Oh OK. Thx bro”
TAPI… saya belajar dari sifat Yance yang membuat saya sadar bahwa berteman itu harus tulus. Kenapa ini penting? Kalau kita berteman secara tulus, alias selalu memperhatikan teman kita, menghubungi mereka ketika kita lagi ngga butuh apa-apa, malah kalau teman kita lagi butuh sesuatu, kita tawarin, “Apa yang bisa gua bantu?”… maka ketika suatu ketika kita butuh pertolongan, teman kita pun akan bantu kita!

… kita ngga pernah akan tahu kapan kita akan butuh pertolongan orang lain. Nah, kalau selama ini kita udah banyak berbuat baik untuk teman kita, ngga ada salahnya dong untuk sekali-kali minta tolong ke mereka. Kenapa mesti sungkan? Kalau kita selama ini bantu teman kita sampe ngga keitung lagi berapa kali (bantu orang jangan dihitung, harus tulus), masa sekali kita butuh pertolongan mereka ngga mau bantu? Mereka pasti malah senang bisa bantu kita yang lagi kesusahan, kenapa? Karena pas mereka susah, sudah sering kita bantu.

Untuk yang ngga pernah nolong orang lain, saya ngga heran kalau berasa sungkan untuk minta tolong. Jelas aja! Ngga pernah nolong teman,…

Makanya, untuk supaya ngga sungkan untuk minta tolong sama orang lain, bantulah orang lain sebanyak-banyaknya. Dan, ingat, minta tolong ke orang lain itu bukan pada saat kita kesusahan aja loh; untuk minta bantuan orang lain dalam proses merealisasikan mimpi kita pun, boleh-boleh saja. Dengan bantuan orang lain, mimpi kita akan lebih cepat terealisasi!

Yuk, bantu orang lain lebih sering,… dan #MakeItHappen mimpi-mimpi kita!

BB

Twitter: @billyboen
Facebok: www.facebook.com/billyboenYOT

Nah gimana, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment

Silakan beri komentar Anda. No Spam No Ads. Thanks.