Friday, September 21, 2012

(PFK RK) Aku Mau Membaca (Rumah Baca "BACA")

Dec 21, '08 8:30 PM
untuk semuanya

Alhamdullilah, syukur kepada Allah, akhirnya sebuah rumah baca untuk anak terwujud di Desa Klodran Rt 06 Rw 1 Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Penyerahan secara simbolis oleh The Sunan Hotel--salah satu sponsor--yang diwakili oleh Ibu Retno Wulandari, dan oleh Rumah Kenari. Lalu diikuti pengguntingan pita oleh Ketua RW 1 sebagai tanda peresmian rumah baca.

Rumah baca ini masih sangat kecil dan sederhana. Terdapat lebih dari 400 judul buku dan majalah anak, beberapa CD edukatif interaktif lengkap dengan komputer (hampir) multimedia... hehehe (karena kelupaan melengkapi dengan speaker), mainan edukatif untuk anak, serta alat gambar dan mewarnai.
Dalam acara pembukaan ini lebih dari 20 anak di wilayah tersebut hadir dan mengikuti beberapa aktivitas, yaitu menyanyi, membaca, mendengarkan cerita dengan antusias, dan menjawab beberapa pertanyaan. Dibagikan pula beberapa doorprize untuk anak yang mampu menjawab pertanyaan. Acara dipandu oleh beberapa guru dari Playgroup/TK Rumah Pupa yang menjadi sukarelawan dalam acara tersebut.
Senang sekali melihat anak-anak begitu antusias memilih buku dan membaca. Dan para orangtua juga terlihat senang, "Wah, seneng yen ono ngene, dadi cah-cah ora dolan wae." (WAh, senang kalau ada (fasilitas) begini, jadi anak-anak enggak main-main aja)

Rumah baca BACA mulai hari ini dibuka secara rutin untuk anak-anak setiap hari Senin - Jumat, pukul 15.00 - 18.00. Selain itu akan dilakukan kegiatan insidental bulanan semisal "cerita untuk anak" oleh beberapa sukarelawan.

Semoga dari sekarang hingga selamanya, rumah baca ini mampu ikut serta membebaskan anak dari kebodohan dan keterpurukan. Rumah Kenari ingat pesan Pak RW dalam sambutannya, "Kalau biasanya anak-anak di desa ini lebih kenal dengan ciu*), mari sekarang kita kenalkan kebiasaan membaca pada anak-anak."

Lalu Ibu Ambar, pengelola rumah baca mengajak anak-anak membuat statement berikut :
CIU? NO!!!
MEMBACA?? YESS!!!
Secara iseng Rumah Kenari tanya salah seorang anak, "Dik, tahu ciu nggak?"
"Enggak."
Ah, syukurlah, semoga sampai dewasa kau tak mengenal ciu... <iipsmiley>

 

*) minuman keras buatan lokal







* * *
Undangannya..

Jun 18, '09 12:23 PM
untuk semuanya
Mulai:     Jul 12, '09 09:00a
Berakhir:     Jul 12, '09 12:00p
Lokasi:     Balai Desa Klodran, Colomadu, Karanganyar
Dalam rangka mengisi liburan sekolah, Rumah Kenari bekerja sama dengan Rumah Baca “Baca” mengadakan lomba mewarnai dan menggambar untuk tingkat TK dan SD se Kalurahan Klodran.

Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2009. Bertempat di Balai Desa Klodran, Colomadu, Karanganyar. Kegiatan lomba ini ditujukan khusus kepada anak-anak yang berdomisili di Kalurahan Klodran. Peserta lomba tidak dipungut biaya alias gratis.

Adapun tema yang diambil untuk lomba kali ini adalah “Aku Cinta Lingkungan”. Selain untuk mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat, lomba ini juga bertujuan untuk mengenalkan kecintaan akan lingkungan kepada anak sejak dini.

Partisipasi Anda

Andi berminat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini? Anda pun bisa berpartisipasi dengan cara:
1. Menyumbang Dana
Sumbangan berupa dana dapat langsung anda salurkan melalui rekening Rumah Kenari di:
Bank Muamalat dengan No. Rekening 521.02992.22
Atas Nama Martanti Herawati Ariansyah R.S q.q Rumah Kenari.

2. Menyumbang dalam bentuk barang
Untuk keperluan hadiah Lomba, yang kami butuhkan berupa peralatan dan perlengkapan sekolah. Sumbangan berupa barang dapat anda salurkan melalui:
Sekretariat Rumah Kenari
d.a Martanti Herawati Ariansyah R.S
Jl. Moh Yamin No. 93, Kawatan, Serengan, Surakarta.

3. Menyumbang Dalam bentuk Tenaga
Anda berdomisili di seputaran Solo dan sekitarnya? Dan berminat untuk turut serta dalam kegiatan ini? Silahkan hubungi kami untuk selengkapnya.

Sumbangan berupa dana maupun barang dari rekan-rekan yang tinggal di seputaran Solo dapat kami ambil langsung ke rumah. Untuk keterangan lebih lanjut, Selengkapnya.

 * *
Poto-poto
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pengen Lolipop wkwkkw

 
 
 
 
 
 
 
 
 
undangan disini

potopoto terkait rumah kenari, jawarie 1, dan jawarie 2

selamat buat rumah baca "baca". semoga menjadi cahaya buat masa depan anak² indonesia. khususnya lingkungan sekitar.

prestasi yess!! narkoba/ciu no!!

Link 
http://rumahkenari.multiply.com/journal/item/22/CIU_NO_MEMBACA_YES
http://ekohm.multiply.com/photos/album/167/PFK-RK-Aku-Mau-Membaca
http://ekohm.multiply.com/calendar/item/10056/One-Fun-Day-For-Kids

No comments:

Post a Comment

Silakan beri komentar Anda. No Spam No Ads. Thanks.