Thursday, August 30, 2012
Dua Single Bagus Nubuzz 1.2 Compilations
Dua Hits yang Aku Suka dari Kompilasi Nubuzz 1.2
Diam-diam | Nu Buzz 1.2 | Freshmilk | Unduh | |||
Cinta 3x | Nu Buzz 1.2 | Glue | Unduh |
Koil - Suaramu Merdu
memadamkan harapan dalam kenyataan
aku yang hampa dan ingin bercerita menyedihkan
menanggung berat beban kepasrahan
dan seolah kita merasa bersama bahagia
di telingaku suaramu merdu
merenggut hati dan berlinang air mata
jatuh dalam gelap kesepian
mencintai dan memutihkan kegelapan hatiku
yang hampa dan tak berperasaan
menyanyikan senandung persembahan kematian
dan selamanya kita dengarkan
lagu lagu dan suara merdu
menyayat hati menyedihkan
di telingaku suaramu merdu
peluk diriku menakutkan
dalam hatiku lagumu syahdu dan menyedihkan
berlinang tangis selamanya dalam gelap kesepian
Koil - Suaramu Merdu
aku yang hampa dan ingin bercerita menyedihkan
menanggung berat beban kepasrahan
dan seolah kita merasa bersama bahagia
di telingaku suaramu merdu
merenggut hati dan berlinang air mata
jatuh dalam gelap kesepian
mencintai dan memutihkan kegelapan hatiku
yang hampa dan tak berperasaan
menyanyikan senandung persembahan kematian
dan selamanya kita dengarkan
lagu lagu dan suara merdu
menyayat hati menyedihkan
di telingaku suaramu merdu
peluk diriku menakutkan
dalam hatiku lagumu syahdu dan menyedihkan
berlinang tangis selamanya dalam gelap kesepian
Koil - Suaramu Merdu
Koil - Suaramu Merdu | Ost. Takut : Faces Of Fear | Unduh |
Utopia - Antara Ada dan Tiada
Utopia - Antara Ada dan Tiada
Antara Ada dan Tiada | Utopia | |||||
Antara Ada Dan Tiada (Acoustic Version) | Indah | Utopia |
Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono: Aku Ingin dan Hatiku Selembar Daun
http://bigibugun.multiply.com/music/item/26/AKU_INGIN_pak_sapardi_J.D._-_musikalisasi
http://bigibugun.multiply.com/music/item/28/hatiku_selembar_daun_musikalisasi_pak_sapardi
link lain :
http://amaltiagunawan.multiply.com/music/item/71/Musikalisasi_Puisi
http://bigibugun.multiply.com/music/item/28/hatiku_selembar_daun_musikalisasi_pak_sapardi
link lain :
http://amaltiagunawan.multiply.com/music/item/71/Musikalisasi_Puisi
Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono
Aku Ingin | Musikalisasi Puisi Sapardi J.D | Unduh | ||||
Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono - Hatiku Selembar Daun | Unduh |
Cokelat - Panca Indera (2008)
Track list :
1. Salah
2. Pinjam Hatimu
3. Bukan Hari Ini
4. The Hardest Part (feat Angie Hart)
5. Akhiri
6. Nada Doa
7. Suara Kemenangan
8. Terluka
9. Recall
10. Semangatku
11. Yang Terindah
12. Tak Berujung
Cokelat - Panca Indera (2008)
Download http://www.indowebster.com/download/audio/Cokelat_Panca_Indera
1. Salah
2. Pinjam Hatimu
3. Bukan Hari Ini
4. The Hardest Part (feat Angie Hart)
5. Akhiri
6. Nada Doa
7. Suara Kemenangan
8. Terluka
9. Recall
10. Semangatku
11. Yang Terindah
12. Tak Berujung
Cokelat - Panca Indera (2008)
Salah | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Pinjam Hatimu | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Bukan Hari Ini | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
The Hardest Part (feat Angie H | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Akhiri | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Nada Doa | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Suara Kemenangan | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Terluka | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Recall | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Semangatku | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Yang Terindah | Panca Indera | Cokelat | Unduh | |||
Tak Berujung | Panca Indera | Cokelat | Unduh |
Download http://www.indowebster.com/download/audio/Cokelat_Panca_Indera
V.A - Ost. Transformers Dark Of The Moon (2011)
Track list:
http://ganool.com/ost-transformers-3-dark-of-the-moon-2011
- Linkin Park – Iridescent
- Paramore- Monster
- My Chemical Romance – The Only Hope For Me Is You
- Taking Back Sunday – Faith
- Staind – The Bottom
- Art Of Dyingt- Get Thru This
- Goo Goo Dolls – All That you Are
- Theory Of A Deadman – Head Above Water
- Black Veil Brides – Set The World On Fire
- Skillet – Alive & Awake
- Mastodon – Just Got Paid
http://ganool.com/ost-transformers-3-dark-of-the-moon-2011
The String Quartet Tribute to Paramore
Tracklist:
1. Misery Business
2. Crushcrushcrush
3. Pressure
4. Emergency
5. Hallelujah
6. That's What You Get
7. Fast Fall
The String Quartet Tribute To Paramore
Download
https://rapidshare.com/#!download|229p5|73794747|The_String_Quartet_Tribute_to_Paramore.rar|22598|0|0
https://rapidshare.com/#!download|181p2|75881356|The_String_Quartet_Tribute_to_Paramore.zip|22591|0|0
1. Misery Business
2. Crushcrushcrush
3. Pressure
4. Emergency
5. Hallelujah
6. That's What You Get
7. Fast Fall
The String Quartet Tribute To Paramore
CrushCrushCrush | The String Quartet Tribute To Paramore | The String Quartet | ||||
Fast Fall | The String Quartet Tribute To Paramore | The String Quartet | ||||
Hallelujah | The String Quartet Tribute To Paramore | The String Quartet | ||||
Misery Business | The String Quartet Tribute To Paramore | The String Quartet | ||||
Pressure | The String Quartet Tribute To Paramore | The String Quartet | ||||
That's What You Get | The String Quartet Tribute To Paramore | The String Quartet | ||||
Emergency | The String Quartet Tribute To Paramore | The String Quartet |
Download
https://rapidshare.com/#!download|229p5|73794747|The_String_Quartet_Tribute_to_Paramore.rar|22598|0|0
https://rapidshare.com/#!download|181p2|75881356|The_String_Quartet_Tribute_to_Paramore.zip|22591|0|0
Paramore - The Final Riot! (2008)
Artist - Paramore
Album - The Final Riot!
Year - 2008
Genre – Rock|Alternative|Pop
Country - Tennessee,United States
Tracklist:
1. Born for this
2. That's what you get
3. Here we go again
4. Fences
5. CrushCrushCrush
6. Let the flames begin
7. When it rains
8. My heart
9. Decoy
10. Pressure
11. For a pessimist,i'm pretty optimistic
12. We are broken
13. Emergency
14. Hallelujah
15. Misery business
Paramore - The Final Riot! (2008)
Download http://www.4shared.com/rar/Z82FCUbM/The_Final_Riot.html
Album - The Final Riot!
Year - 2008
Genre – Rock|Alternative|Pop
Country - Tennessee,United States
Tracklist:
1. Born for this
2. That's what you get
3. Here we go again
4. Fences
5. CrushCrushCrush
6. Let the flames begin
7. When it rains
8. My heart
9. Decoy
10. Pressure
11. For a pessimist,i'm pretty optimistic
12. We are broken
13. Emergency
14. Hallelujah
15. Misery business
Paramore - The Final Riot! (2008)
Born For This | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
That's What You Get | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Here We Go Again | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Fences | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Crushcrushcrush | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Let The Flames Begin | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
When It Rains | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
My Heart | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Decoy | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Pressure | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
For A Pessimist, I'm Pretty Optimistic | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
We Are Broken | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Emergency | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Hallelujah | The Final Riot! | Paramore | Unduh | |||
Misery Business | The Final Riot! | Paramore | Unduh |
Download http://www.4shared.com/rar/Z82FCUbM/The_Final_Riot.html
Paramore - Riot! (2007)
Artist - Paramore
Album - Riot!
Year - 2007
Genre – Rock|Alternative|Pop
Country - Tennessee,United States
Tracklist:
1. For a Pessimist, I'm Pretty Optimistic
2. That's What You Get
3. Hallelujah
4. Misery Business
5. When It Rains
6. Let the Flames Begin
7. Miracle
8. Crushcrushcrush
9. We Are Broken
10. Fences
11. Born for This
Bonus Tracks
12. Stop This Song (Lovesick Melody)
13. Rewind (Demo Version)
14. Emergency (Live Version)
Paramore - Riot! (2007)
Download http://www.4shared.com/rar/1Q3AD3JL/Riot.html
Album - Riot!
Year - 2007
Genre – Rock|Alternative|Pop
Country - Tennessee,United States
Tracklist:
1. For a Pessimist, I'm Pretty Optimistic
2. That's What You Get
3. Hallelujah
4. Misery Business
5. When It Rains
6. Let the Flames Begin
7. Miracle
8. Crushcrushcrush
9. We Are Broken
10. Fences
11. Born for This
Bonus Tracks
12. Stop This Song (Lovesick Melody)
13. Rewind (Demo Version)
14. Emergency (Live Version)
Paramore - Riot! (2007)
For A Pessmist I'm Pretty Optimistic | Riot! | Paramore | Unduh | |||
That's What You Get | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Hallelujah | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Misery Business | Riot! | Paramore | Unduh | |||
When It Rains | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Let The Flames Begin | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Miracle | Riot! | Paramore | Unduh | |||
CrushCrushCrush | Riot! | Paramore | Unduh | |||
We Are Broken | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Fences | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Born For This | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Stop This Song (Lovesick Melody) | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Rewind (demo version) | Riot! | Paramore | Unduh | |||
Emergency (live version) | Riot! | Paramore | Unduh |
Download http://www.4shared.com/rar/1Q3AD3JL/Riot.html
Paramore - The Summer Tic (Tour EP) (2006)
Artist - Paramore
Album - The Summer Tic (EP)
Year - 2006
Genre - Rock/Alternative/Pop
Web - http://www.myspace.com/paramore
Country - Franklin, United States
Tracklist:
1. Emergency (Alt. Version)
2. Oh Star (Full Band Version)
3. Stuck On You
4. This Circle
Paramore - The Summer Tic (Tour EP) (2006)
Album - The Summer Tic (EP)
Year - 2006
Genre - Rock/Alternative/Pop
Web - http://www.myspace.com/paramore
Country - Franklin, United States
Tracklist:
1. Emergency (Alt. Version)
2. Oh Star (Full Band Version)
3. Stuck On You
4. This Circle
Paramore - The Summer Tic (Tour EP) (2006)
Emergency [Crab mix] | The Summer Tic (EP) | Paramore | Unduh | |||
Oh, Star | The Summer Tic (EP) | Paramore | Unduh | |||
Stuck On You | The Summer Tic (EP) | Paramore | Unduh | |||
Circles | The Summer Tic (EP) | Paramore | Unduh |
Paramore - All We Know is Falling (2005)
Track listing:
All lyrics written by Hayley Williams, except where noted, all music composed by Williams & Josh Farro, except when noted.
No. Title Length
1. "All We Know" 3:13
2. "Pressure" 3:05
3. "Emergency" (lyrics: Williams, Farro) 4:00
4. "Brighter" (lyrics: Williams, Farro) 3:43
5. "Here We Go Again" 3:46
6. "Never Let This Go[7]" 3:40
7. "Whoa" (lyrics: Williams, Farro) 3:21
8. "Conspiracy" (music: Williams, Farro, Taylor York) 3:42
9. "Franklin" 3:18
10. "My Heart" (lyrics: Williams, Farro) 3:59
iTunes Deluxe Edition
No. Title Length
11. "Pressure" (live) (originally released on The Final Riot!) 3:01
12. "Here We Go Again" (live) (originally released on Riot FYE Release) 3:24
13. "Pressure" (music video) 3:06
14. "Emergency" (music video) 3:58
15. "All We Know" (music video) 3:14
Paramore - All We Know is Falling (2005)
Download
http://www.indowebster.com/download/audio/Paramore_All_We_Know_is_Falling__1
http://www.4shared.com/rar/mCH-JBBV/2005_All_We_Know_Is_Falling.html
All lyrics written by Hayley Williams, except where noted, all music composed by Williams & Josh Farro, except when noted.
No. Title Length
1. "All We Know" 3:13
2. "Pressure" 3:05
3. "Emergency" (lyrics: Williams, Farro) 4:00
4. "Brighter" (lyrics: Williams, Farro) 3:43
5. "Here We Go Again" 3:46
6. "Never Let This Go[7]" 3:40
7. "Whoa" (lyrics: Williams, Farro) 3:21
8. "Conspiracy" (music: Williams, Farro, Taylor York) 3:42
9. "Franklin" 3:18
10. "My Heart" (lyrics: Williams, Farro) 3:59
iTunes Deluxe Edition
No. Title Length
11. "Pressure" (live) (originally released on The Final Riot!) 3:01
12. "Here We Go Again" (live) (originally released on Riot FYE Release) 3:24
13. "Pressure" (music video) 3:06
14. "Emergency" (music video) 3:58
15. "All We Know" (music video) 3:14
Paramore - All We Know is Falling (2005)
All We Know | All We Know is Falling | Paramore | Unduh | |||
Conspiracy | All We Know is Falling | Paramore | Unduh | |||
Emergency | Paramore | Unduh | ||||
Here We Go Again | Drive-Thru Records & Fueled By | Paramore | Unduh | |||
Oh Star | All We Know is Falling | Paramore | Unduh | |||
Whoa | All We Know is Falling | Paramore | Unduh | |||
Let This Go | All We Know is Falling | Paramore | Unduh |
Download
http://www.indowebster.com/download/audio/Paramore_All_We_Know_is_Falling__1
http://www.4shared.com/rar/mCH-JBBV/2005_All_We_Know_Is_Falling.html
Paramore - Decode
ost twilight
How can I decide what's right?
When you're clouding up my mind,
I cant win you're losing fight all the time.
Now can I ever own what's mine?
You're always taking sides but you won't take away my pride,
No not this time. not this time.
How did we get here?
I used to know you so well.
How did we get here?
I think I know
The truth is hiding in your eyes and its hanging on your tongue,
just boiling in my blood...
but you think that I can't see
what kind of man that you are,
if you're a man at all.
Well, I will figure this one out
on my own.
I'm screaming I love you so
(On my own)
But my thoughts you can't decode
How did we get here?
I used to know you so well
How did we get here?
I think I know
Do you see what we've done?
Gone and made such fools of ourselves.
How did we get here?
I used to know you so well
How did we get here?
Why won't you show yourself?
I think I know
Oh there is something I see in you
It could kill me but I want it to be true.
lyric from here - website
decode with klip
Lampiran:Paramore - Decode (with klip).wmv
Paramore - Decode
How can I decide what's right?
When you're clouding up my mind,
I cant win you're losing fight all the time.
Now can I ever own what's mine?
You're always taking sides but you won't take away my pride,
No not this time. not this time.
How did we get here?
I used to know you so well.
How did we get here?
I think I know
The truth is hiding in your eyes and its hanging on your tongue,
just boiling in my blood...
but you think that I can't see
what kind of man that you are,
if you're a man at all.
Well, I will figure this one out
on my own.
I'm screaming I love you so
(On my own)
But my thoughts you can't decode
How did we get here?
I used to know you so well
How did we get here?
I think I know
Do you see what we've done?
Gone and made such fools of ourselves.
How did we get here?
I used to know you so well
How did we get here?
Why won't you show yourself?
I think I know
Oh there is something I see in you
It could kill me but I want it to be true.
lyric from here - website
decode with klip
Lampiran:Paramore - Decode (with klip).wmv
Paramore - Decode
Decode | Twilight Soundtrack | Paramore | ||||
Decode [accoustic] | Twilight Soundtrack | Paramore |
Coldplay - Viva La Vida (EP) (2008)
Track listing
No. Title Length
1. "Life in Technicolor" (Berryman/Buckland/Champion/Martin/Hopkins) 2:29
2. "Cemeteries of London" 3:21
3. "Lost!" 3:55
4. "42" 3:57
5. "Lovers in Japan/Reign of Love" (3:57/2:56) 6:51
6. "Yes" ((4:04) includes hidden song "Chinese Sleep Chant" (3:01)) 7:06
7. "Viva la Vida" 4:01
8. "Violet Hill" 3:42
9. "Strawberry Swing" 4:09
10. "Death and All His Friends" ((3:30) includes hidden song "The Escapist" (2:46): Berryman/Buckland/Champion/Martin/Hopkins) 6:18
Total length:
45:49
Bonus tracks
No. Title Length
11. "Lost?" (Japan and iTunes) 3:40
12. "Lovers in Japan" (Acoustic Version) (iTunes pre-order) 3:55
13. "Death Will Never Conquer" (Japanese release of Prospekt's March edition) 1:16
Coldplay - Viva La Vida (EP) (2008)
Download http://www.4shared.com/rar/i5lN3_34/Viva_la_Vida_or_Death_and_All_.html
All songs written and composed by Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion and Chris Martin, except where noted.[82][83] Tracks 5, 6, and 10 contain two separate songs each; the latter two are hidden and not listed on the album sleeve.
1. "Life in Technicolor" (Berryman/Buckland/Champion/Martin/Hopkins) 2:29
2. "Cemeteries of London" 3:21
3. "Lost!" 3:55
4. "42" 3:57
5. "Lovers in Japan/Reign of Love" (3:57/2:56) 6:51
6. "Yes" ((4:04) includes hidden song "Chinese Sleep Chant" (3:01)) 7:06
7. "Viva la Vida" 4:01
8. "Violet Hill" 3:42
9. "Strawberry Swing" 4:09
10. "Death and All His Friends" ((3:30) includes hidden song "The Escapist" (2:46): Berryman/Buckland/Champion/Martin/Hopkins) 6:18
Total length:
45:49
Bonus tracks
No. Title Length
11. "Lost?" (Japan and iTunes) 3:40
12. "Lovers in Japan" (Acoustic Version) (iTunes pre-order) 3:55
13. "Death Will Never Conquer" (Japanese release of Prospekt's March edition) 1:16
Coldplay - Viva La Vida (EP) (2008)
Life In Technicolor | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Cemeteries of London | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Lost! | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
42 | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Lovers in Japan-Reign of Love | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Yes | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Viva La Vida | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Violet Hill | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Strawberry Swing | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Death and All His Friends | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Lost! (Acoustic Version) | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh | |||
Lovers In Japan | Viva La Vida (E.P.) | Coldplay | Unduh |
Download http://www.4shared.com/rar/i5lN3_34/Viva_la_Vida_or_Death_and_All_.html
Coldplay - Prospekt's March EP (2008)
Artist - Coldplay
Album - Prospekt's March
Year - 2008
Genre - Pop / Rock / Folks
Music Preview - http://www.myspace.com/coldplay
Tracklist :
1. Life In Technicolor II
2. Postcard From Far Away
3. Glass Of Water
4. Rainy Day
5. Prospekts March
6. Lost+ (ft. Jay Z)
7. Lovers In Japan (Osaka Sun Mix)
8. Now My Feet Wont Touch The Ground
Coldplay - Prospekt's March EP (2008)
Download http://www.indowebster.com/download/audio/Coldplay_Prospekts_March_EP_2009
Album - Prospekt's March
Year - 2008
Genre - Pop / Rock / Folks
Music Preview - http://www.myspace.com/coldplay
Tracklist :
1. Life In Technicolor II
2. Postcard From Far Away
3. Glass Of Water
4. Rainy Day
5. Prospekts March
6. Lost+ (ft. Jay Z)
7. Lovers In Japan (Osaka Sun Mix)
8. Now My Feet Wont Touch The Ground
Coldplay - Prospekt's March EP (2008)
Life in Technicolor ii | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh | |||
Postcards From Far Away | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh | |||
Glass of Water | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh | |||
Rainy Day | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh | |||
Prospekts March | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh | |||
Lost+ (Feat. Jay-Z) | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh | |||
Lovers in Japan (Osaka Sun Mix) | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh | |||
Now My Feet Wont Touch the Ground | Prospekt痴 March (EP) | Coldplay | Unduh |
Download http://www.indowebster.com/download/audio/Coldplay_Prospekts_March_EP_2009
Coldplay - X&Y (2005) Album Cover
Track listing:
- "Square One" – 4:47
- "What If" – 4:57
- "White Shadows" – 5:28
- "Fix You" – 4:55
- "Talk" – 5:11
- "X&Y" – 4:34
- "Speed of Sound" – 4:48
- "A Message" – 4:45
- "Low" – 5:32
- "The Hardest Part" – 4:25
- "Swallowed in the Sea" – 3:59
- "Twisted Logic" – 5:01
- "'Til Kingdom Come" – 4:10
Coldplay - A Rush Of Blood To The Head (2002)
Track listing:
All songs written by Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion and Chris Martin.
No. Title Length
1. "Politik" 5:19
2. "In My Place" 3:48
3. "God Put a Smile upon Your Face" 4:57
4. "The Scientist" 5:09
5. "Clocks" 5:07
6. "Daylight" 5:27
7. "Green Eyes" 3:43
8. "Warning Sign" 5:31
9. "A Whisper" 3:58
10. "A Rush of Blood to the Head" 5:51
11. "Amsterdam" 5:19
Coldplay - A Rush Of Blood To The Head (2002)
All songs written by Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion and Chris Martin.
No. Title Length
1. "Politik" 5:19
2. "In My Place" 3:48
3. "God Put a Smile upon Your Face" 4:57
4. "The Scientist" 5:09
5. "Clocks" 5:07
6. "Daylight" 5:27
7. "Green Eyes" 3:43
8. "Warning Sign" 5:31
9. "A Whisper" 3:58
10. "A Rush of Blood to the Head" 5:51
11. "Amsterdam" 5:19
Coldplay - A Rush Of Blood To The Head (2002)
Politik | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
In My Place | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
God Put A Smile Upon Your Face | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
The Scientist | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
Clocks | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
Daylight | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
Green Eyes | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
Warning Sign | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
A Whisper | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
A Rush Of Blood To The Head | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh | |||
Amsterdam | A Rush Of Blood To The Head | Coldplay | Unduh |
Coldplay - Parachutes (2000)
Track listing:
Semua lagu ditulis oleh Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion, dan Chris Martin.
No. Judul Durasi
1. "Don't Panic" 2:17
2. "Shiver" 4:59
3. "Spies" 5:18
4. "Sparks" 3:47
5. "Yellow" 4:29
6. "Trouble" 4:30
7. "Parachutes" 0:46
8. "High Speed" 4:14
9. "We Never Change" 4:09
10. "Everything's Not Lost" (berakhir pada 5:28; lagu tersembunyi "Life Is for Living" mulai pada 5:39) 7:15
Coldplay - Parachutes (2000)
Download http://www.4shared.com/rar/uk_Br-7E/2000_-_parachutes.html
Semua lagu ditulis oleh Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion, dan Chris Martin.
No. Judul Durasi
1. "Don't Panic" 2:17
2. "Shiver" 4:59
3. "Spies" 5:18
4. "Sparks" 3:47
5. "Yellow" 4:29
6. "Trouble" 4:30
7. "Parachutes" 0:46
8. "High Speed" 4:14
9. "We Never Change" 4:09
10. "Everything's Not Lost" (berakhir pada 5:28; lagu tersembunyi "Life Is for Living" mulai pada 5:39) 7:15
Coldplay - Parachutes (2000)
Don't panic | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
Shiver | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
Spies | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
Sparks | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
Yellow | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
Trouble | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
Parachutes | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
High speed | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
We never change | Parachutes | Coldplay | Unduh | |||
Everything's not lost | Parachutes | Coldplay | Unduh |
Download http://www.4shared.com/rar/uk_Br-7E/2000_-_parachutes.html
Tic Band - Perbedaan, Perjalanan Cinta & Terbaik Untukmu
Lirik Perbedaan
Hari demi hari, masa demi masa
Set'lah sekian lama tiada yang berubah
Kau seperti aku masih saja tak biasa
'Tuk saling percaya, saling menerima
Bukan salahmu, bukan salah kita
Lihat diri kita adakah kau rasa
Kau bukan dirimu, kau bukan diriku
Namun demi cinta kau harus tetap bertahan
Kau harap dirimu tetap disampingku
Selama disana masih ada terasa
Keinginan 'tuk selalu bersama
Sayangku jangan pernah merasa ini akhir kita
Mungkin perbedaan yang membuat kita saling jatuh cinta
Lihat diri kita adakah kau rasa
Kau bukan dirimu, kau bukan diriku
Kau seperti aku masih saja tak biasa
'Tuk saling percaya, saling menerima
Bukan salahmu, bukan salah kita
Selama kita mencoba terbuka
Lirik Perjalanan Cinta
Atas nama cinta
Ku terlahir ke dunia
Dan menjalani waktuku
S'bagai makhluk pecinta
Hidup kar'na cinta
Yang memberi arti di jiwa
Cinta dalam perjalanan hidup kita
Memberi harapan
Untukku tetap berjuang
Demi semua mimpi hidupku
Apa kau percaya
Tentang kekuatan cinta
Membeningkan pemahaman
Hakekat kehidupan
Yang kita jalani dan kita lalui
Dalam suka dan duka
Jangan pernah engkau ragu padaku
Atas semua yang kuberikan padamu
Meskipun hanya keyakinanku atas cinta
Lirik Terbaik Untukmu
Duhai engkau sang dewi ciptaan raja
Dari langit kau turun ke dunia
Untuk jadi milikku
Jadi pendampingku selamanya
Dengarkanlah setiap kata yang terucap
Mengertilah karena hidup takkan
Semudah kau kira
Kau harus berlari mengejarnya
#
Ku takkan berhenti
Beri cinta dan rinduku
Sampai kau mengerti dan pahami
Smua yang kuberikan
Reff:
Jangan kau pergi dariku
Bila waktuku sedikit untukmu
Setiap hembusan nafasku
Kulakukan yang terbaik untukmu
Duhai engkau sang dewi ciptaan raja
Mengertilah karena hidup takkan
Semudah kau kira
Kau harus berlari mengejarnya
Kembali ke #, Reff
Bila kau pergi, tetaplah kau ada disini
Dan menanti
Kembali ke Reff
Tic Band
Download
-Perbedaan
-Perjalanan Cinta
-Terbaik Untukmu
Hari demi hari, masa demi masa
Set'lah sekian lama tiada yang berubah
Kau seperti aku masih saja tak biasa
'Tuk saling percaya, saling menerima
Bukan salahmu, bukan salah kita
Lihat diri kita adakah kau rasa
Kau bukan dirimu, kau bukan diriku
Namun demi cinta kau harus tetap bertahan
Kau harap dirimu tetap disampingku
Selama disana masih ada terasa
Keinginan 'tuk selalu bersama
Sayangku jangan pernah merasa ini akhir kita
Mungkin perbedaan yang membuat kita saling jatuh cinta
Lihat diri kita adakah kau rasa
Kau bukan dirimu, kau bukan diriku
Kau seperti aku masih saja tak biasa
'Tuk saling percaya, saling menerima
Bukan salahmu, bukan salah kita
Selama kita mencoba terbuka
Lirik Perjalanan Cinta
Atas nama cinta
Ku terlahir ke dunia
Dan menjalani waktuku
S'bagai makhluk pecinta
Hidup kar'na cinta
Yang memberi arti di jiwa
Cinta dalam perjalanan hidup kita
Memberi harapan
Untukku tetap berjuang
Demi semua mimpi hidupku
Apa kau percaya
Tentang kekuatan cinta
Membeningkan pemahaman
Hakekat kehidupan
Yang kita jalani dan kita lalui
Dalam suka dan duka
Jangan pernah engkau ragu padaku
Atas semua yang kuberikan padamu
Meskipun hanya keyakinanku atas cinta
Lirik Terbaik Untukmu
Duhai engkau sang dewi ciptaan raja
Dari langit kau turun ke dunia
Untuk jadi milikku
Jadi pendampingku selamanya
Dengarkanlah setiap kata yang terucap
Mengertilah karena hidup takkan
Semudah kau kira
Kau harus berlari mengejarnya
#
Ku takkan berhenti
Beri cinta dan rinduku
Sampai kau mengerti dan pahami
Smua yang kuberikan
Reff:
Jangan kau pergi dariku
Bila waktuku sedikit untukmu
Setiap hembusan nafasku
Kulakukan yang terbaik untukmu
Duhai engkau sang dewi ciptaan raja
Mengertilah karena hidup takkan
Semudah kau kira
Kau harus berlari mengejarnya
Kembali ke #, Reff
Bila kau pergi, tetaplah kau ada disini
Dan menanti
Kembali ke Reff
Tic Band
Perbedaan | Tic Band | Unduh | ||||
Perjalanan Cinta | Tic Band | Unduh | ||||
Terbaik Untukmu | Terbaik Untukmu | Tic Band | Unduh |
Download
-Perbedaan
-Perjalanan Cinta
-Terbaik Untukmu
Pas Band - Romantic Lies and Bleeding (2008)
Track listing:
Download http://www.4shared.com/rar/3aRhyOgf/Pas_Band_-_Romantic_Lies_And_B.html
- Skandal
- Morning Buzz
- Aku (Band Version)
- Romantic Tripsix
- Paris Hilton
- Selamat Tinggal Terpuruk
- Terang Bulan
- Arti Kawan
- Raja Muda
- Insanity
- Mata Hati
- Aku
Skandal | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Morning Buzz | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Romantic Tripsix | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Paris | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Selamat Tinggal Terpuruk | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Terang Bulan | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Arti Kawan | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Insanity | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Mata Hati | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh | |||
Aku | Romantic Lies and Bleeding | Pas Band | Unduh |
Download http://www.4shared.com/rar/3aRhyOgf/Pas_Band_-_Romantic_Lies_And_B.html
Pas Band - The BeAst of PAS (2006)
- Permata Yang Hilang
- Romeo and Juliette
- Impresi
- Anak, Kali, Sekarang
- Kesepian Kita
- Kumerindu
- Jengah
- Gladiator
- Pantai Abisss
- Bocah
- Getir
- Yesterday
Permata Yang Hilang | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Romeo & Juliet | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Impresi | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Anak, Kali, Sekarang | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Kesepian Kita | The Best Of | Pas Band feat Tere | Unduh | |||
Kumerindu | The Best Of | Pas Band feat Bunga C. Lestari | Unduh | |||
Jengah | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Gladiator | The Best Of | Pas Band feat Iday | Unduh | |||
Pantai Abiss | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Bocah | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Getir | The Best Of | Pas Band | Unduh | |||
Yesterday | The Best Of | Pas Band | Unduh |
Download http://www.4shared.com/rar/rjaXIbHx/pas_band_-_the_best_of.html
Tere - Pencuri Hati
Bagai hujan siang hari
Ku tak bisa mengungkapkan
kata-kata sedikitpun,
Saat dia datang
Dia mahluk yang paling indah,
Yang pernah aku temui...aaah...
Cuaca kini berubah
Hatiku panas dan dingin
Melihatnya menatapku walau sekejap
Matanya begitu tajam
Senyumnya begitu dalam...aaah...
Reff :
Dia...mencuri (pencuri) hatiku...
Akankah dia mengenalku?
Dia...mencuri (pencuri) hatiku...
Tahukah oh, dirinya?
Aaah...Aaah...Aaah...Aaah...Aaah...
Sepertinya ku terikat
Bila dirinya ada pasti ada aku
Dan ku bahagia
Dia mahluk yang paling indah
Yang pernah aku temui...aaah...
Tere |
Aku Patut Membenci Dia | Sebuah Harapan | Tere | Unduh | |||
Pencuri Hati | album | Tere | Unduh | |||
Dosa Termanis | Begitu Berharga | Tere | Unduh |
L.A Lights Indiefest Vol.2 (2007)
Track listing:
1. Millionaire - Rules and policy
2. Cigarettes Nation - Curse Of The Downtown Dogz
3. Cascade - She Pretend
4. The Morning After - Quatro
5. Lipgloss - Mereka Sebut Timur
6. Tunas Bangsa Simphony - Love In Summer
7. Air Hostess For Vacation - A Call To
8. Wind Cries Mary - You ve Got To Move On
9. Scared of Bums - Boring
10. Heinrich Manuever - Don t Blame It
11. The Nylon - Sisakan Cintamu
L.A Lights Indiefest Vol.2 (2007)
Link info http://tigotv.net/band.php
1. Millionaire - Rules and policy
2. Cigarettes Nation - Curse Of The Downtown Dogz
3. Cascade - She Pretend
4. The Morning After - Quatro
5. Lipgloss - Mereka Sebut Timur
6. Tunas Bangsa Simphony - Love In Summer
7. Air Hostess For Vacation - A Call To
8. Wind Cries Mary - You ve Got To Move On
9. Scared of Bums - Boring
10. Heinrich Manuever - Don t Blame It
11. The Nylon - Sisakan Cintamu
L.A Lights Indiefest Vol.2 (2007)
Rules and Policy | La Lights Indiefest vol.2 | Monkey to Millionaire | Unduh | |||
(Curse Of) The Downtown Dogz | La Lights Indiefest vol.2 | Cigarettes Nation | Unduh | |||
She Pretend | La Lights Indiefest vol.2 | Cascade | Unduh | |||
Quatro | La Lights Indiefest vol.2 | The Morning After | Unduh | |||
Mereka Sebut Timur | La Lights Indiefest vol.2 | Lipgloss | Unduh |
Link info http://tigotv.net/band.php
Interview: "Kamar Gelap" & Progresifitas Efek Rumah Kaca
Baca hasil perbincangan rebelzine
dengan efek rumah kaca sehubungan dengan rilisan terbaru mereka 'Kamar
Gelap' yang akan resmi beredar di pasaran esok, Jumat, 19/12/2008.
Silahkan telusuri wawancaranya disini.
Repost dari http://merekatakberotak.multiply.com
Lampiran:Di Udara #4 (untuk dibaca).pdf
Interview oleh Jeune Magazine: Efek Rumah Kaca
Kategori: | Musik |
Jenis | Pop |
Artis: | efek rumah kaca |
Interview oleh Jeune Magazine no.20 Oct 2007 Jan 15, '08 1:20 PM
by yoshi for everyone
Interview ini pernah dimuat di Jeune Magazine no 20 yang terbit bulan Oktober tahun 2007. Ini adalah versi lengkapnya tanpa edit. Enjoy!
Efek Rumah Kaca
Text Dimas Ario / Photos Indro
Sajian musik pop Indonesia yang tidak biasa dari band yang tidak malu mengakui rumpun mereka yang melayu.
Efek Rumah Kaca bukanlah sebuah band baru yang sedang latah menyuarakan isu global warming yang saat ini tengah menjadi primadona di masyarakat. Efek Rumah Kaca sudah terbentuk dari tahun 2001, namun album debut mereka memang baru dirilis pada tahun 2007 ini, tepatnya pada bulan September yang lalu.
Semua ini berawal dari Cholil, yang telah banyak menulis lagu di kamarnya semenjak tahun 1998. Saat itu ia sering berbagi ide dan gagasan mengenai musik dengan salah seorang teman SMAnya yang bernama Adrian. Lalu keduanya sepakat untuk bermain band bersama. Pada kelanjutannya, Cholil dan Adrian bertemu tiga orang temannya lagi, yakni Akbar, Hendra dan Sita dan jadilah formasi baru dengan lima orang personil. Disaat semangat untuk membangun sebuah band semakin berkobar, Hendra dan Sita mengundurkan diri karena alasan pribadi. Jadi tinggallah Cholil (vokal/gitar), Adrian (bass) dan Akbar (drum). Ketiganya melanjutkan mimpi-mimpi mereka yang telah dirajut sebelumnya, dan terbentuklah Efek Rumah Kaca.
Pada suatu sore di awal bulan September, saya berkesempatan untuk menemui mereka bertiga di pelataran toko musik Hey Folks di bilangan Mayestik, Jakarta. Sore itu saya datang sedikit terlambat dari jadwal yang telah disepakati. Sesampainya di sana, suasananya cukup ramai oleh orang-orang yang tengah bersantap atau hanya sekedar duduk dan bercengkrama menghabiskan sore.
Saya yang selama ini baru mendengar Efek Rumah Kaca melalui kompilasi Paviliun Records dan belum pernah menonton penampilan langsung mereka, mengalami sedikit kesulitan untuk menemukan sosok mereka disana. Untung ada teman saya, Ichsan –gitaris dari kelompok musik D’Zeek - yang memang mengenal secara personal dengan para personil Efek Rumah Kaca. Saya lalu bertanya kepadanya, apakah personil Efek Rumah Kaca telah datang atau tidak. Kemudian Ichsan menunjuk kepada dua orang yang tengah duduk di pojok. Mereka berdua terlihat sedang bercakap-cakap sembari menghabiskan minumannya masing-masing. Saya segera menghampiri dan menyalami mereka sambil mengenalkan diri saya.
Orang pertama yang saya salami adalah Akbar, seorang pemuda berkulit putih yang rajin tersenyum, berperawakan tinggi dengan kaca mata berbingkai hitam yang menghiasi wajahnya. Selain bermain drum di Efek Rumah Kaca, Akbar juga menjadi session drummer yang biasa tampil reguler di beberapa cafe maupun hotel berbintang. Lalu orang kedua yang saya salami adalah Adrian yang tampak pemalu, dan tak banyak bicara selama proses interview. Adrian berkulit sawo matang, berbadan agak gempal disertai oleh mata yang besar namun tampak sayu. Pekerjaan sehari-harinya selain bermusik adalah teknisi kalibrasi di sebuah laboratorium. Adrian juga satu-satunya personil yang telah melepaskan masa lajangnya.
Saat saya sedang bertanya kepada mereka tentang keberadaan satu orang lagi personil dari Efek Rumah Kaca, lalu sekonyong-konyong muncullah Cholil. Diantara ketiganya mungkin Cholil yang paling tidak tampak sebagai anak band. Mungkin penampilannya lebih cocok sebagai aktifis NGO’S – dan memang kebetulan ia juga bekerja di sebuah NGO’S, walaupun sebagai akuntan. Cholil berkulit sawo matang, bertubuh kurus dengan ukuran badan yang tidak begitu tinggi.
Karena saat itu senja semakin dekat, jadi saya memutuskan untuk mengadakan sesi foto terlebih dahulu, mumpung langit belum terlalu gelap. Saat Indro, fotografer Jeune menyiapkan peralatannya, mereka bertiga juga menyiapkan kostum khusus. Menurut Cholil, mereka sebelumnya sempat kesulitan untuk menentukan kostum apa yang cocok dengan musik mereka. Lalu karena menurutnya, gaya berbusana mereka bertiga sudah tidak bisa ditolong lagi, akhirnya mereka sepakat hanya memakai kaus saja saat sedang tampil atau sedang melakukan sesi foto untuk media. Namun kaus yang mereka pakai bukan sembarang kaus. Jika ada kesempatan untuk tampil di publik, mereka akan selalu memakai kaus dengan tema subkultur atau kaus dengan statement-statement tertentu.
Seperti yang dikenakan oleh mereka sore itu. Cholil memakai kaus berwarna putih dengan lambang yang menyerupai (atau parodi) dari salah satu merk clothing dari Bandung yang terkenal. Lambang tersebut milik Video Battle, sebuah komunitas kolektif dari Jogjakarta yang banyak bersinggungan dengan video art atau juga video pendek. Sedangkan Adrian memakai kaus berwarna biru yang bergambar tokoh pergerakan Indonesia tahun 60an, Soe Hok Gie. Dan Akbar memakai kaus berwarna merah yang bertuliskan Komik Chaour, sebuah gerakan komik independent dari IKJ. Setelah sesi foto berakhir, lalu kami memulai perbincangan dengan ditemani beberapa cangkir teh manis hangat, teh botol dingin, dan cheese burger yang baru saja diangkat dari tempat pemanggangan.
Dari awal terbentuk di tahun 2001, kalian sudah berganti nama band sebanyak tiga kali. Mengapa bisa sesering itu?
Akbar : Dulu padahal sudah yakin dengan satu nama.
Cholil : Awalnya namanya Hush, saat itu masih berlima. Terus tinggal bertiga, ganti nama menjadi Superego. Ternyata di Jogja ada band yang namanya Superego. Sebenarnya kami nggak kenal juga sama band itu. Tapi karena kami masih baru, nggak kenal scene juga, dan mereka katanya sudah lama main, akhirnya kami yang ngalah dan ganti nama. Padahal sudah cocok tuh dengan namanya. Karena di awal Efek Rumah Kaca terbentuk, lagunya kebanyakan bertema psikologis. Seperti ada lagu yang judulnya Amidala, yang sekarang nggak dimasukin ke album. Amidala itu kan saraf di otak yang mengeluarkan rasa marah. Lalu kelanjutannya karena mau manggung kami belum ada nama, akhirnya Bin, manager kami mengusulkan nama Efek Rumah Kaca yang diambil dari salah satu judul lagu kami. Waktu itu tahun 2004. Isu global warming belum ‘seksi’ banget kayak sekarang.
Lagu itu sendiri memang bercerita mengenai global warming?
Cholil : Iya, banyak bercerita mengenai pola hidup yang berantakan. Karena saat gue buat lagu itu, gue baru aja baca buku tentang global warming. Lingkungan hidup mulai nggak jelas, suhu mulai berubah, musim-musim sudah mulai kacau.
Orang-orang yang belum tahu kalian, mungkin akan mengira kalian menggunakan nama ini gara-gara isu global warming yang saat ini sedang mencuat. Kalau menurut kalian, kampanye global warming yang banyak dilakukan oleh para musisi ada pengaruhnya tidak? Atau hanya sekedar ikut-ikutan tren saja?
Cholil : Kalau menurut gue, analoginya hampir sama dengan bulan puasa. Semua artis pakai kerudung. Industrinya yang membentuk global warming bisa dijual. Akhirnya jadi suatu tren. Jadi ketika tren itu sudah hilang, tinggal menunggu waktu saja, apakah mereka masih mendukung terus global warming atau tidak, apakah mereka tetap berkampanye atau tidak.
Kalau soal influence, musik apa saja yang kalian dengarkan yang turut mempengaruhi terciptanya lagu-lagu Efek Rumah Kaca?
Cholil : Kalau Adrian suka Stone Temple Pilots dan Sting. Kalo gue pengaruh progresif dari John Anderson, Yess tapi yang pelan-pelan. Genesis tapi yang nggak terlalu ribet. Terus gue juga suka Bjork dan Radiohead.
Kalau ada yang berpendapat bahwa Efek Rumah Kaca hanyalah band-band pada umumnya yang terpengaruh Radiohead, apa pendapat kalian?
Cholil : Gue sih nggak apa-apa. Tapi lebih arif lagi kalo mereka mendengarkan lagu kami dulu. Kan eksekusinya kami sangat beda. Karena kami tuh sangat melayu.
Melayu dilihat dari segi apa?
Cholil : Dari notasi, ada beberapa yang gayanya progresif Indonesia tahun 70an, seperti Gang Pegangsaan, Chrisye tahun 70an. Kalau image Radiohead memang nggak bisa hilang karena tarikan vokal gue.
Untuk Cholil, dari pertama bermain band memang sudah menyanyi?
Akbar : Cholil dari dulu memang nyanyi. Maenin Dream Theater lho!(tertawa)
Cholil : Dulu gue sering ikut festival dan terakhir-terakhir gue menyesal. Karena ternyata gue bisa ngakalin festival. Kalo elo mau ikut festival band, lihat aja jurinya siapa, jurinya senengnya musik apa, lalu buat deh musik yang jurinya senengin. Elo akan juara. Dan itu berhasil. Berapa kali gue juara dengan cara itu. Festival band itu bisa diakalin, gue jadi males. Karena menurut gue musik bukan buat perlombaan. Tapi itu semua gue jadikan proses aja buat gue.
Sekarang berbicara lirik. Saya tertarik pada salah satu kalimat di lagu “Melankolia” “Murung itu sungguh indah. Melambatkan butir darah.” Apa maksudnya?
Cholil : Gue sih ngerasa waktu itu ketika lagi sedih karena bokap meninggal, tapi gue nikmatin aja kesedihannya. Karena mau sesedih apapun, bokap gue juga nggak bisa balik lagi. Tapi lagu itu nggak eksplisit banget tentang bokap gue. Supaya bisa dinikmati banyak orang dan agar temanya nggak tematik banget, akhirnya gue buat liriknya yang agak bersayap. Cuma tema kesedihan aja yang ditampilkan.
Menurut saya kalian adalah satu dari sedikit band Indonesia saat ini yang mempunyai lirik bahasa Indonesia yang baik.
Cholil : Memang kami pengen banget ngajak musisi-musisi Indonesia khususnya yang diluar label-label besar, agar membuat lirik bahasa Indonesia yang baik. Kalau di label besar kan agak susah karena ada tekanan industri, dsb. Kalau yang di indie banyak yang bagus secara musikalitas tapi mereka nggak mau eksplor di lirik. Jadi mungkin ada peran kita juga sebagai musisi indie yang membuat masyarakat juga gampang ketangkep oleh musik pop Indonesia dengan lirik-lirik murahan. Karena mau gimana lagi, yang musiknya bagus nggak pernah keluarin lirik Indonesia. Jadi nggak deket sama masyarakat bawah yang notabene adalah pembeli terbesar industri musik yang kebetulan belum semuanya bisa menerima lirik berbahasa Inggris. Jadi kampanyenya sekarang : marilah musisi-musisi Indonesia yang berbakat baik di major dan khususnya yang di indie, agar lebih mengeksplor lirik Indonesia. Kita juga nggak bisa nyalahin label gitu aja, karena kita juga nggak berusaha mendekatkan diri ke masyarakat Indonesia pada umumnya.
Jadi ada misi kalian untuk memberikan edukasi melalui album ini?
Cholil : Sebenarnya kami hanya berusaha untuk membuat musik yang enak dengan lirik yang bisa educate atau bisa memberi alternatif lirik baik itu dalam scope mainstream maupun indie. Di indie sendiri sebenarnya sudah banyak penulis lirik bahasa Indonesia yang bagus, seperti Arian Seringai, Jimi The Upstairs dan juga Bin C’mon Lennon. Tinggal musisi yang lain aja mau berusaha atau nggak. Soalnya banyak juga fenomena misalnya orang-orang kantoran yang pada nyanyi lagu Radja, tapi pas ditelaah lagi ternyata mereka baru menyadari bahwa liriknya ternyata ancur banget (tertawa) Tapi mau gimana lagi melodinya sudah terlanjur terekam di otak.
Apakah ada pengaruh dari literatur yang selama ini kalian baca terhadap penulisan lirik?
Cholil : Gue awalnya nggak bisa nulis. Karena dulu yang biasa nulis lirik kan keluar dari band. Akhirnya gue baru-baru aja berusaha bikin lirik dan itu awalnya susah banget bagi gue. Banyak yang lagunya udah jadi tapi liriknya baru kelar sesaat sebelum rekaman. Tema besarnya sebenarnya sudah ada di otak, tapi gue belum bisa nulisnya aja. Karena yah itu, gue nggak biasa nulis. Tapi akhirnya, gue terus berjuang untuk bisa. Dengan standar tinggi menurut gue, nyoba-nyoba terus, ngulik-ngulik, akhirnya bisa nulis lirik yang maksudnya nggak lari, tapi pesannya dapet, spellingnya enak, menggal-menggalnya enak. Karena kesulitan bahasa Indonesia kan biasanya menggal-menggalnya nggak enak. Gue pribadi suka sastra tapi yang nggak terlalu berat. Gue suka Puthut EA, Iwan Simatupang.
Apa buku terakhir yang sedang dibaca?
Cholil : Buku yang sedang gue baca, bukunya Seno Joko Suyono, judulnya Sejarah Pornografi. Seno kalau nggak salah salah satu redakturnya majalah Tempo.
Materi album ini ditulis dari tahun berapa?
Cholil : Lagu-lagu yang dirilis sekarang dibuat semenjak kami nulis lagu dengan format bertiga aja. Itu sekitar tahun 2004. Rencananya materi yang sekarang dirilis, nggak mau dikeluarin. Kami mau buat yang lebih ringan. Waktu itu, kami udah buat rekaman live sepuluh lagu baru untuk guide rekaman. Tapi akhirnya kata Bin, sayang kalau materi itu nggak diapa-apain. Sayang kalau nggak direkam. Ya udah akhirnya kami merekam materi yang dulu yang akhirnya kami rilis sekarang. Dan sepuluh lagu baru yang sudah direkam live itu dipendem lagi.
Untuk album berikutnya, kalian akan menggunakan stock lagu tersebut atau kalian akan menggunakan lagu-lagu baru?
Cholil : Bisa iya, bisa tidak. Sampai detik ini kami masih selalu menulis lagu. Mungkin sebulan, dapat dua lagu. Itu semua juga bisa terjadi karena kami rutin latihan. Dari awal kebentuk kita nggak pernah manggung tapi latihan jalan terus. Akhirnya lagu kekumpul banyak. Bisa jadi lagu-lagu dulu akan terpakai untuk album selanjutnya atau mungkin juga materinya akan lagu baru semua. Sampai saat ini, kami juga masih berusaha untuk mencoba merombak lagu-lagu yang dulu ditulis saat masih berlima, agar masih bisa sejalan dengan format kami yang sekarang.
Banyak band malah sulit untuk melakukan latihan rutin, tapi malah kalian melakukannya dari dulu ya, jauh sebelum merilis album.
Cholil : Kami dari tahun 2001, memang mulai rutin latihan tapi memang nggak pernah manggung. Manggung pertama baru tahun 2005.
Akbar : Kalo dipikir-pikir bingung juga. Dulu kami latihan terus tetapi nggak kepengen bubar. Kalo menurut gue itu juga tergantung ketulusan orangnya masing-masing juga ya. Kalau ada satu orang di band yang misalnya mengharapkan untuk segera recording atau segera manggung dan dua-duanya nggak kejadian juga, itu bisa goyang. Kami sih memang pengennya manggung dan recording, tapi nyadar diri juga. Mau bikin band, eh ditinggal dua personil jadi bertiga. Yah jadi otomatis harus mulai dari nol lagi.
Cholil : Tujuan awalnya sebenernya, kami nggak mau keluar kalau belum matang karakternya. Gue sendiri juga nggak bisa maen gitar pada awalnya karena dulu gue kan cuma nyanyi. Karena ditinggal oleh pemain gitar, jadi mau nggak mau gue harus belajar gitar. Jadi waktu itu gue ngejar skill juga. Mungkin kalau tahun 2002 sudah manggung pasti berantakan.(tertawa)
Berarti situasi disaat itu sangat menguras energi dan kesabaran ya?
Cholil : Karena secara teknis Akbar yang paling jago jadi dia yang paling sabar untuk nunggu gue dan Adrian mempelajari instrumen masing-masing yang baru dikuasai. Yah itu makan waktu juga kan, atau makan hati nggak kira-kira?(tertawa)
Akbar : Ya mungkin pada dasarnya kami bertiga saling mengagumi satu sama lain. Gue suka banget sama lirik-lirik Cholil, gue juga suka sama nada-nada yang dia bikin, dan dia orangnya sangat terbuka dan mau kerjasama. Kami selalu menghargai setiap usulan yang diberikan masing-masing personil. Dan menurut gue salah satu yang bikin band langgeng yah harus seperti itu juga.
Kalian sering menghabiskan waktu bersama?
Akbar : (tertawa) Kami jarang ketemu yah selain latihan. Karena kesibukan pekerjaan masing-masing juga. Kami ketemu seminggu sekali, dan itu buat latihan. Cholil kerjanya lembur terus. Adrian kerjanya juga sibuk belum lagi dia sudah berkeluarga. Sedangkan gue, mereka pulang kerja, malah gue baru berangkat. (tertawa)
Jika musik Efek Rumah Kaca dijadikan scoring sebuah film, kira-kira filmnya akan seperti apa? Dan siapa sutradaranya?
Cholil : Gue rasa film Panchiko karya Harry Dagoe cocok banget untuk musik kami, contohnya lagu “Melankolia” Iya, Pachinko itu tonenya “Melankolia” banget tuh. Sendu-sendu gitu, nggak banyak dialog. Kalau beberapa lagu kami yang gloomy mungkin akan cocok untuk film-film yang mempunyai karakter seperti film Photograph atau juga Kala.
Film Kala sayangnya sudah Zeke yah yang mengerjakannya. Berbicara soal Zeke, apa pendapat kalian tentang Zeke and The Popo? Sepertinya kan musik kalian mengambil roots yang sama, walau eksekusinya beda.
Cholil : Zeke and The Popo keren! Kami memang nggak secomplicated mereka. Itu juga karena kemampuan skill kami yang belum mencukupi. Yang kami lakukan hanya mencari nada. Kemampuan sound dan teknis kami masih sangat kurang.
Kalau demo-demo lagu yang kalian rekam di rumah, pake komputer?
Cholil : Kalau merekam di rumah nggak pake komputer. Jadi semua lagu direkam hanya melalui tape. Standar aja, maen gitar terus direkam lewat tape, lalu besok diulik lagi, siapa tahu bisa dapet nada baru. Selain lirik, kami juga sangat peduli dengan nada, karena kami ingin dapat karakter musik yang benar-benar kami mau. Dan kami ingin sekali terdengar bahwa Efek Rumah Kaca ini adalah band Indonesia.
Kalau sudah merekam di tape, kan materi mentah langsung dibawa ke studio. Bisa diceritakan proses pematangan lagu kalian seperti apa?
Cholil : Kami bertiga selalu mengikuti lagu. Tunduk sama lagu. Lagunya mau apa, kami ngikutin. Kalau nggak perlu ada drum, ya nggak usah ada. Nada-nada yang dipilih memang berusaha membangun suasana agar nyeret yang dengar agar ikut dengan temanya. Kalau suatu saat lagunya nggak perlu ada vokal, hanya kuat di instrumen aja, juga nggak kenapa-kenapa. Tapi untuk sekarang, belum ada lagu kami yang seperti itu.
Oh iya, saya dapat cerita dari anak-anak Dear Nancy mengenai tur kalian bersama Evonica kemarin, kabarnya seru sekali yah? Katanya waktu konser di Jombang masanya banyak banget. Malah ada yang bawa spanduk Slank segala.
Cholil : Iya, itu berasa kayak konser Ungu. (tertawa) Acaranya memang gede-gedean, tempatnya aja di alun-alun. Kami nggak pernah mimpi bisa dapat panggung segede itu lagi, dengan penonton yang se-awam mereka.
Responnya tapi bagus?
Cholil : Yah buat kami sih nggak begitu yah. Kami waktu itu bawa set-list yang agak kenceng. Mungkin penonton nggak seantusias seperti saat Dear Nancy tampil, karena waktu itu Dear Nancy bawain dua lagu Beatles. Jadi lebih familiar. Sedangkan kami bawain lagu sendiri yang masih asing banget bagi mereka. Dan terbukti pas ada band lokal dari Jombang yang bawain lagu dari Mata band, respon penonton langsung sangat meriah. (tertawa)
Kalau gig terbaik selama tur waktu itu?
Akbar : Di Solo. Kami pas di panggung juga nggak nyadar respon penonton kayak gimana. Baru setelah turun panggung, orang-orang nyalamin kami sambil ngomong, “This is your night man!” Jadi kami baru tahu belakangan, ternyata ada sebuah radio terkenal di Solo yang sering muter lagu kami yang “Di udara.” Jadi pas kami manggung kamaren, waktu bawain “Di udara”, semua orang pada nyanyi.
Lagu “Di udara” itu kalau nggak salah yang ada di kompilasi Bad Sector Records bukan?
Cholil : Iya, benar. Kompilasi itu sebenernya udah mau dirilis, kami diajak paling terakhir diantara band-band lain yang ada di kompilasi itu. Mereka kan udah buat konsep kompilasinya yaitu musik-musik dari tahun 60an sampai 2000an. Lalu kata mereka, kurang satu lagi. Akhirnya kami diajak.
Kalian dikategorikan tahun berapa ya?
Cholil : (tertawa) Nggak tahu juga ya, kami sebenernya tahun berapa. Yang pasti mereka menganggap kami band folk. (tertawa) Ada bau-bau Bob Dylan, kata Gucap - pencetus kompilasi ini - kalau melihat Efek Rumah Kaca. Kami sih iya-iya aja, biar diajak ikut kompilasi aja. (tertawa) Eh akhir-akhirnya, malah lagu “Di udara” yang jadi singel.
Oh itu jadi singel ya? Saya belum begitu memperhatikan waktu itu. Saya baru benar-benar mengenal musik kalian dari kompilasi Paviliun Records. Dan sesudah kompilasi itu dirilis, mulai banyak teman-teman saya yang kebetulan sama-sama main musik juga yang menggemari musik kalian. Sampai sekarang ini, kalian belum mulai promo album, namun nama kalian sudah banyak diperbincangkan paling tidak diantara musisi-musisi, sejauh pengamatan saya. Apa pendapat kalian mengenai hal ini?
Cholil : Kami sih mikirnya, berarti ada chance deh untuk kemungkinan musik kami diterima, minimal oleh pemusik dulu. Karena kami nyadar, mungkin musik kami nggak berat tapi asing. Mungkin untuk penggemar Radiohead masih dapetlah.
Kalau bisa memilih, kalian lebih nyaman mana, sebagai sebuah grup yang mempunyai banyak penggemar dengan frekuensi manggung yang banyak seperti di pentas-pentas seni sekolah atau sebagai sebuah grup yang walau tidak terlalu naik, dan frekuensi manggung tidak begitu sering namun kalian tetap eksis dengan penggemar yang tidak begitu banyak tetapi setia?
Cholil : Kalau gue pribadi mau dua-duanya juga nggak kenapa-kenapa. Yang penting pesan lagu kami dapet ke orang banyak. Tapi kalau dilihat dari kondisinya sih, kami nggak akan kayak The Upstairs. (tertawa)
rantaikata : efek rumah kaca
by yoshi for everyone
Interview ini pernah dimuat di Jeune Magazine no 20 yang terbit bulan Oktober tahun 2007. Ini adalah versi lengkapnya tanpa edit. Enjoy!
Efek Rumah Kaca
Text Dimas Ario / Photos Indro
Sajian musik pop Indonesia yang tidak biasa dari band yang tidak malu mengakui rumpun mereka yang melayu.
Efek Rumah Kaca bukanlah sebuah band baru yang sedang latah menyuarakan isu global warming yang saat ini tengah menjadi primadona di masyarakat. Efek Rumah Kaca sudah terbentuk dari tahun 2001, namun album debut mereka memang baru dirilis pada tahun 2007 ini, tepatnya pada bulan September yang lalu.
Semua ini berawal dari Cholil, yang telah banyak menulis lagu di kamarnya semenjak tahun 1998. Saat itu ia sering berbagi ide dan gagasan mengenai musik dengan salah seorang teman SMAnya yang bernama Adrian. Lalu keduanya sepakat untuk bermain band bersama. Pada kelanjutannya, Cholil dan Adrian bertemu tiga orang temannya lagi, yakni Akbar, Hendra dan Sita dan jadilah formasi baru dengan lima orang personil. Disaat semangat untuk membangun sebuah band semakin berkobar, Hendra dan Sita mengundurkan diri karena alasan pribadi. Jadi tinggallah Cholil (vokal/gitar), Adrian (bass) dan Akbar (drum). Ketiganya melanjutkan mimpi-mimpi mereka yang telah dirajut sebelumnya, dan terbentuklah Efek Rumah Kaca.
Pada suatu sore di awal bulan September, saya berkesempatan untuk menemui mereka bertiga di pelataran toko musik Hey Folks di bilangan Mayestik, Jakarta. Sore itu saya datang sedikit terlambat dari jadwal yang telah disepakati. Sesampainya di sana, suasananya cukup ramai oleh orang-orang yang tengah bersantap atau hanya sekedar duduk dan bercengkrama menghabiskan sore.
Saya yang selama ini baru mendengar Efek Rumah Kaca melalui kompilasi Paviliun Records dan belum pernah menonton penampilan langsung mereka, mengalami sedikit kesulitan untuk menemukan sosok mereka disana. Untung ada teman saya, Ichsan –gitaris dari kelompok musik D’Zeek - yang memang mengenal secara personal dengan para personil Efek Rumah Kaca. Saya lalu bertanya kepadanya, apakah personil Efek Rumah Kaca telah datang atau tidak. Kemudian Ichsan menunjuk kepada dua orang yang tengah duduk di pojok. Mereka berdua terlihat sedang bercakap-cakap sembari menghabiskan minumannya masing-masing. Saya segera menghampiri dan menyalami mereka sambil mengenalkan diri saya.
Orang pertama yang saya salami adalah Akbar, seorang pemuda berkulit putih yang rajin tersenyum, berperawakan tinggi dengan kaca mata berbingkai hitam yang menghiasi wajahnya. Selain bermain drum di Efek Rumah Kaca, Akbar juga menjadi session drummer yang biasa tampil reguler di beberapa cafe maupun hotel berbintang. Lalu orang kedua yang saya salami adalah Adrian yang tampak pemalu, dan tak banyak bicara selama proses interview. Adrian berkulit sawo matang, berbadan agak gempal disertai oleh mata yang besar namun tampak sayu. Pekerjaan sehari-harinya selain bermusik adalah teknisi kalibrasi di sebuah laboratorium. Adrian juga satu-satunya personil yang telah melepaskan masa lajangnya.
Saat saya sedang bertanya kepada mereka tentang keberadaan satu orang lagi personil dari Efek Rumah Kaca, lalu sekonyong-konyong muncullah Cholil. Diantara ketiganya mungkin Cholil yang paling tidak tampak sebagai anak band. Mungkin penampilannya lebih cocok sebagai aktifis NGO’S – dan memang kebetulan ia juga bekerja di sebuah NGO’S, walaupun sebagai akuntan. Cholil berkulit sawo matang, bertubuh kurus dengan ukuran badan yang tidak begitu tinggi.
Karena saat itu senja semakin dekat, jadi saya memutuskan untuk mengadakan sesi foto terlebih dahulu, mumpung langit belum terlalu gelap. Saat Indro, fotografer Jeune menyiapkan peralatannya, mereka bertiga juga menyiapkan kostum khusus. Menurut Cholil, mereka sebelumnya sempat kesulitan untuk menentukan kostum apa yang cocok dengan musik mereka. Lalu karena menurutnya, gaya berbusana mereka bertiga sudah tidak bisa ditolong lagi, akhirnya mereka sepakat hanya memakai kaus saja saat sedang tampil atau sedang melakukan sesi foto untuk media. Namun kaus yang mereka pakai bukan sembarang kaus. Jika ada kesempatan untuk tampil di publik, mereka akan selalu memakai kaus dengan tema subkultur atau kaus dengan statement-statement tertentu.
Seperti yang dikenakan oleh mereka sore itu. Cholil memakai kaus berwarna putih dengan lambang yang menyerupai (atau parodi) dari salah satu merk clothing dari Bandung yang terkenal. Lambang tersebut milik Video Battle, sebuah komunitas kolektif dari Jogjakarta yang banyak bersinggungan dengan video art atau juga video pendek. Sedangkan Adrian memakai kaus berwarna biru yang bergambar tokoh pergerakan Indonesia tahun 60an, Soe Hok Gie. Dan Akbar memakai kaus berwarna merah yang bertuliskan Komik Chaour, sebuah gerakan komik independent dari IKJ. Setelah sesi foto berakhir, lalu kami memulai perbincangan dengan ditemani beberapa cangkir teh manis hangat, teh botol dingin, dan cheese burger yang baru saja diangkat dari tempat pemanggangan.
Dari awal terbentuk di tahun 2001, kalian sudah berganti nama band sebanyak tiga kali. Mengapa bisa sesering itu?
Akbar : Dulu padahal sudah yakin dengan satu nama.
Cholil : Awalnya namanya Hush, saat itu masih berlima. Terus tinggal bertiga, ganti nama menjadi Superego. Ternyata di Jogja ada band yang namanya Superego. Sebenarnya kami nggak kenal juga sama band itu. Tapi karena kami masih baru, nggak kenal scene juga, dan mereka katanya sudah lama main, akhirnya kami yang ngalah dan ganti nama. Padahal sudah cocok tuh dengan namanya. Karena di awal Efek Rumah Kaca terbentuk, lagunya kebanyakan bertema psikologis. Seperti ada lagu yang judulnya Amidala, yang sekarang nggak dimasukin ke album. Amidala itu kan saraf di otak yang mengeluarkan rasa marah. Lalu kelanjutannya karena mau manggung kami belum ada nama, akhirnya Bin, manager kami mengusulkan nama Efek Rumah Kaca yang diambil dari salah satu judul lagu kami. Waktu itu tahun 2004. Isu global warming belum ‘seksi’ banget kayak sekarang.
Lagu itu sendiri memang bercerita mengenai global warming?
Cholil : Iya, banyak bercerita mengenai pola hidup yang berantakan. Karena saat gue buat lagu itu, gue baru aja baca buku tentang global warming. Lingkungan hidup mulai nggak jelas, suhu mulai berubah, musim-musim sudah mulai kacau.
Orang-orang yang belum tahu kalian, mungkin akan mengira kalian menggunakan nama ini gara-gara isu global warming yang saat ini sedang mencuat. Kalau menurut kalian, kampanye global warming yang banyak dilakukan oleh para musisi ada pengaruhnya tidak? Atau hanya sekedar ikut-ikutan tren saja?
Cholil : Kalau menurut gue, analoginya hampir sama dengan bulan puasa. Semua artis pakai kerudung. Industrinya yang membentuk global warming bisa dijual. Akhirnya jadi suatu tren. Jadi ketika tren itu sudah hilang, tinggal menunggu waktu saja, apakah mereka masih mendukung terus global warming atau tidak, apakah mereka tetap berkampanye atau tidak.
Kalau soal influence, musik apa saja yang kalian dengarkan yang turut mempengaruhi terciptanya lagu-lagu Efek Rumah Kaca?
Cholil : Kalau Adrian suka Stone Temple Pilots dan Sting. Kalo gue pengaruh progresif dari John Anderson, Yess tapi yang pelan-pelan. Genesis tapi yang nggak terlalu ribet. Terus gue juga suka Bjork dan Radiohead.
Kalau ada yang berpendapat bahwa Efek Rumah Kaca hanyalah band-band pada umumnya yang terpengaruh Radiohead, apa pendapat kalian?
Cholil : Gue sih nggak apa-apa. Tapi lebih arif lagi kalo mereka mendengarkan lagu kami dulu. Kan eksekusinya kami sangat beda. Karena kami tuh sangat melayu.
Melayu dilihat dari segi apa?
Cholil : Dari notasi, ada beberapa yang gayanya progresif Indonesia tahun 70an, seperti Gang Pegangsaan, Chrisye tahun 70an. Kalau image Radiohead memang nggak bisa hilang karena tarikan vokal gue.
Untuk Cholil, dari pertama bermain band memang sudah menyanyi?
Akbar : Cholil dari dulu memang nyanyi. Maenin Dream Theater lho!(tertawa)
Cholil : Dulu gue sering ikut festival dan terakhir-terakhir gue menyesal. Karena ternyata gue bisa ngakalin festival. Kalo elo mau ikut festival band, lihat aja jurinya siapa, jurinya senengnya musik apa, lalu buat deh musik yang jurinya senengin. Elo akan juara. Dan itu berhasil. Berapa kali gue juara dengan cara itu. Festival band itu bisa diakalin, gue jadi males. Karena menurut gue musik bukan buat perlombaan. Tapi itu semua gue jadikan proses aja buat gue.
Sekarang berbicara lirik. Saya tertarik pada salah satu kalimat di lagu “Melankolia” “Murung itu sungguh indah. Melambatkan butir darah.” Apa maksudnya?
Cholil : Gue sih ngerasa waktu itu ketika lagi sedih karena bokap meninggal, tapi gue nikmatin aja kesedihannya. Karena mau sesedih apapun, bokap gue juga nggak bisa balik lagi. Tapi lagu itu nggak eksplisit banget tentang bokap gue. Supaya bisa dinikmati banyak orang dan agar temanya nggak tematik banget, akhirnya gue buat liriknya yang agak bersayap. Cuma tema kesedihan aja yang ditampilkan.
Menurut saya kalian adalah satu dari sedikit band Indonesia saat ini yang mempunyai lirik bahasa Indonesia yang baik.
Cholil : Memang kami pengen banget ngajak musisi-musisi Indonesia khususnya yang diluar label-label besar, agar membuat lirik bahasa Indonesia yang baik. Kalau di label besar kan agak susah karena ada tekanan industri, dsb. Kalau yang di indie banyak yang bagus secara musikalitas tapi mereka nggak mau eksplor di lirik. Jadi mungkin ada peran kita juga sebagai musisi indie yang membuat masyarakat juga gampang ketangkep oleh musik pop Indonesia dengan lirik-lirik murahan. Karena mau gimana lagi, yang musiknya bagus nggak pernah keluarin lirik Indonesia. Jadi nggak deket sama masyarakat bawah yang notabene adalah pembeli terbesar industri musik yang kebetulan belum semuanya bisa menerima lirik berbahasa Inggris. Jadi kampanyenya sekarang : marilah musisi-musisi Indonesia yang berbakat baik di major dan khususnya yang di indie, agar lebih mengeksplor lirik Indonesia. Kita juga nggak bisa nyalahin label gitu aja, karena kita juga nggak berusaha mendekatkan diri ke masyarakat Indonesia pada umumnya.
Jadi ada misi kalian untuk memberikan edukasi melalui album ini?
Cholil : Sebenarnya kami hanya berusaha untuk membuat musik yang enak dengan lirik yang bisa educate atau bisa memberi alternatif lirik baik itu dalam scope mainstream maupun indie. Di indie sendiri sebenarnya sudah banyak penulis lirik bahasa Indonesia yang bagus, seperti Arian Seringai, Jimi The Upstairs dan juga Bin C’mon Lennon. Tinggal musisi yang lain aja mau berusaha atau nggak. Soalnya banyak juga fenomena misalnya orang-orang kantoran yang pada nyanyi lagu Radja, tapi pas ditelaah lagi ternyata mereka baru menyadari bahwa liriknya ternyata ancur banget (tertawa) Tapi mau gimana lagi melodinya sudah terlanjur terekam di otak.
Apakah ada pengaruh dari literatur yang selama ini kalian baca terhadap penulisan lirik?
Cholil : Gue awalnya nggak bisa nulis. Karena dulu yang biasa nulis lirik kan keluar dari band. Akhirnya gue baru-baru aja berusaha bikin lirik dan itu awalnya susah banget bagi gue. Banyak yang lagunya udah jadi tapi liriknya baru kelar sesaat sebelum rekaman. Tema besarnya sebenarnya sudah ada di otak, tapi gue belum bisa nulisnya aja. Karena yah itu, gue nggak biasa nulis. Tapi akhirnya, gue terus berjuang untuk bisa. Dengan standar tinggi menurut gue, nyoba-nyoba terus, ngulik-ngulik, akhirnya bisa nulis lirik yang maksudnya nggak lari, tapi pesannya dapet, spellingnya enak, menggal-menggalnya enak. Karena kesulitan bahasa Indonesia kan biasanya menggal-menggalnya nggak enak. Gue pribadi suka sastra tapi yang nggak terlalu berat. Gue suka Puthut EA, Iwan Simatupang.
Apa buku terakhir yang sedang dibaca?
Cholil : Buku yang sedang gue baca, bukunya Seno Joko Suyono, judulnya Sejarah Pornografi. Seno kalau nggak salah salah satu redakturnya majalah Tempo.
Materi album ini ditulis dari tahun berapa?
Cholil : Lagu-lagu yang dirilis sekarang dibuat semenjak kami nulis lagu dengan format bertiga aja. Itu sekitar tahun 2004. Rencananya materi yang sekarang dirilis, nggak mau dikeluarin. Kami mau buat yang lebih ringan. Waktu itu, kami udah buat rekaman live sepuluh lagu baru untuk guide rekaman. Tapi akhirnya kata Bin, sayang kalau materi itu nggak diapa-apain. Sayang kalau nggak direkam. Ya udah akhirnya kami merekam materi yang dulu yang akhirnya kami rilis sekarang. Dan sepuluh lagu baru yang sudah direkam live itu dipendem lagi.
Untuk album berikutnya, kalian akan menggunakan stock lagu tersebut atau kalian akan menggunakan lagu-lagu baru?
Cholil : Bisa iya, bisa tidak. Sampai detik ini kami masih selalu menulis lagu. Mungkin sebulan, dapat dua lagu. Itu semua juga bisa terjadi karena kami rutin latihan. Dari awal kebentuk kita nggak pernah manggung tapi latihan jalan terus. Akhirnya lagu kekumpul banyak. Bisa jadi lagu-lagu dulu akan terpakai untuk album selanjutnya atau mungkin juga materinya akan lagu baru semua. Sampai saat ini, kami juga masih berusaha untuk mencoba merombak lagu-lagu yang dulu ditulis saat masih berlima, agar masih bisa sejalan dengan format kami yang sekarang.
Banyak band malah sulit untuk melakukan latihan rutin, tapi malah kalian melakukannya dari dulu ya, jauh sebelum merilis album.
Cholil : Kami dari tahun 2001, memang mulai rutin latihan tapi memang nggak pernah manggung. Manggung pertama baru tahun 2005.
Akbar : Kalo dipikir-pikir bingung juga. Dulu kami latihan terus tetapi nggak kepengen bubar. Kalo menurut gue itu juga tergantung ketulusan orangnya masing-masing juga ya. Kalau ada satu orang di band yang misalnya mengharapkan untuk segera recording atau segera manggung dan dua-duanya nggak kejadian juga, itu bisa goyang. Kami sih memang pengennya manggung dan recording, tapi nyadar diri juga. Mau bikin band, eh ditinggal dua personil jadi bertiga. Yah jadi otomatis harus mulai dari nol lagi.
Cholil : Tujuan awalnya sebenernya, kami nggak mau keluar kalau belum matang karakternya. Gue sendiri juga nggak bisa maen gitar pada awalnya karena dulu gue kan cuma nyanyi. Karena ditinggal oleh pemain gitar, jadi mau nggak mau gue harus belajar gitar. Jadi waktu itu gue ngejar skill juga. Mungkin kalau tahun 2002 sudah manggung pasti berantakan.(tertawa)
Berarti situasi disaat itu sangat menguras energi dan kesabaran ya?
Cholil : Karena secara teknis Akbar yang paling jago jadi dia yang paling sabar untuk nunggu gue dan Adrian mempelajari instrumen masing-masing yang baru dikuasai. Yah itu makan waktu juga kan, atau makan hati nggak kira-kira?(tertawa)
Akbar : Ya mungkin pada dasarnya kami bertiga saling mengagumi satu sama lain. Gue suka banget sama lirik-lirik Cholil, gue juga suka sama nada-nada yang dia bikin, dan dia orangnya sangat terbuka dan mau kerjasama. Kami selalu menghargai setiap usulan yang diberikan masing-masing personil. Dan menurut gue salah satu yang bikin band langgeng yah harus seperti itu juga.
Kalian sering menghabiskan waktu bersama?
Akbar : (tertawa) Kami jarang ketemu yah selain latihan. Karena kesibukan pekerjaan masing-masing juga. Kami ketemu seminggu sekali, dan itu buat latihan. Cholil kerjanya lembur terus. Adrian kerjanya juga sibuk belum lagi dia sudah berkeluarga. Sedangkan gue, mereka pulang kerja, malah gue baru berangkat. (tertawa)
Jika musik Efek Rumah Kaca dijadikan scoring sebuah film, kira-kira filmnya akan seperti apa? Dan siapa sutradaranya?
Cholil : Gue rasa film Panchiko karya Harry Dagoe cocok banget untuk musik kami, contohnya lagu “Melankolia” Iya, Pachinko itu tonenya “Melankolia” banget tuh. Sendu-sendu gitu, nggak banyak dialog. Kalau beberapa lagu kami yang gloomy mungkin akan cocok untuk film-film yang mempunyai karakter seperti film Photograph atau juga Kala.
Film Kala sayangnya sudah Zeke yah yang mengerjakannya. Berbicara soal Zeke, apa pendapat kalian tentang Zeke and The Popo? Sepertinya kan musik kalian mengambil roots yang sama, walau eksekusinya beda.
Cholil : Zeke and The Popo keren! Kami memang nggak secomplicated mereka. Itu juga karena kemampuan skill kami yang belum mencukupi. Yang kami lakukan hanya mencari nada. Kemampuan sound dan teknis kami masih sangat kurang.
Kalau demo-demo lagu yang kalian rekam di rumah, pake komputer?
Cholil : Kalau merekam di rumah nggak pake komputer. Jadi semua lagu direkam hanya melalui tape. Standar aja, maen gitar terus direkam lewat tape, lalu besok diulik lagi, siapa tahu bisa dapet nada baru. Selain lirik, kami juga sangat peduli dengan nada, karena kami ingin dapat karakter musik yang benar-benar kami mau. Dan kami ingin sekali terdengar bahwa Efek Rumah Kaca ini adalah band Indonesia.
Kalau sudah merekam di tape, kan materi mentah langsung dibawa ke studio. Bisa diceritakan proses pematangan lagu kalian seperti apa?
Cholil : Kami bertiga selalu mengikuti lagu. Tunduk sama lagu. Lagunya mau apa, kami ngikutin. Kalau nggak perlu ada drum, ya nggak usah ada. Nada-nada yang dipilih memang berusaha membangun suasana agar nyeret yang dengar agar ikut dengan temanya. Kalau suatu saat lagunya nggak perlu ada vokal, hanya kuat di instrumen aja, juga nggak kenapa-kenapa. Tapi untuk sekarang, belum ada lagu kami yang seperti itu.
Oh iya, saya dapat cerita dari anak-anak Dear Nancy mengenai tur kalian bersama Evonica kemarin, kabarnya seru sekali yah? Katanya waktu konser di Jombang masanya banyak banget. Malah ada yang bawa spanduk Slank segala.
Cholil : Iya, itu berasa kayak konser Ungu. (tertawa) Acaranya memang gede-gedean, tempatnya aja di alun-alun. Kami nggak pernah mimpi bisa dapat panggung segede itu lagi, dengan penonton yang se-awam mereka.
Responnya tapi bagus?
Cholil : Yah buat kami sih nggak begitu yah. Kami waktu itu bawa set-list yang agak kenceng. Mungkin penonton nggak seantusias seperti saat Dear Nancy tampil, karena waktu itu Dear Nancy bawain dua lagu Beatles. Jadi lebih familiar. Sedangkan kami bawain lagu sendiri yang masih asing banget bagi mereka. Dan terbukti pas ada band lokal dari Jombang yang bawain lagu dari Mata band, respon penonton langsung sangat meriah. (tertawa)
Kalau gig terbaik selama tur waktu itu?
Akbar : Di Solo. Kami pas di panggung juga nggak nyadar respon penonton kayak gimana. Baru setelah turun panggung, orang-orang nyalamin kami sambil ngomong, “This is your night man!” Jadi kami baru tahu belakangan, ternyata ada sebuah radio terkenal di Solo yang sering muter lagu kami yang “Di udara.” Jadi pas kami manggung kamaren, waktu bawain “Di udara”, semua orang pada nyanyi.
Lagu “Di udara” itu kalau nggak salah yang ada di kompilasi Bad Sector Records bukan?
Cholil : Iya, benar. Kompilasi itu sebenernya udah mau dirilis, kami diajak paling terakhir diantara band-band lain yang ada di kompilasi itu. Mereka kan udah buat konsep kompilasinya yaitu musik-musik dari tahun 60an sampai 2000an. Lalu kata mereka, kurang satu lagi. Akhirnya kami diajak.
Kalian dikategorikan tahun berapa ya?
Cholil : (tertawa) Nggak tahu juga ya, kami sebenernya tahun berapa. Yang pasti mereka menganggap kami band folk. (tertawa) Ada bau-bau Bob Dylan, kata Gucap - pencetus kompilasi ini - kalau melihat Efek Rumah Kaca. Kami sih iya-iya aja, biar diajak ikut kompilasi aja. (tertawa) Eh akhir-akhirnya, malah lagu “Di udara” yang jadi singel.
Oh itu jadi singel ya? Saya belum begitu memperhatikan waktu itu. Saya baru benar-benar mengenal musik kalian dari kompilasi Paviliun Records. Dan sesudah kompilasi itu dirilis, mulai banyak teman-teman saya yang kebetulan sama-sama main musik juga yang menggemari musik kalian. Sampai sekarang ini, kalian belum mulai promo album, namun nama kalian sudah banyak diperbincangkan paling tidak diantara musisi-musisi, sejauh pengamatan saya. Apa pendapat kalian mengenai hal ini?
Cholil : Kami sih mikirnya, berarti ada chance deh untuk kemungkinan musik kami diterima, minimal oleh pemusik dulu. Karena kami nyadar, mungkin musik kami nggak berat tapi asing. Mungkin untuk penggemar Radiohead masih dapetlah.
Kalau bisa memilih, kalian lebih nyaman mana, sebagai sebuah grup yang mempunyai banyak penggemar dengan frekuensi manggung yang banyak seperti di pentas-pentas seni sekolah atau sebagai sebuah grup yang walau tidak terlalu naik, dan frekuensi manggung tidak begitu sering namun kalian tetap eksis dengan penggemar yang tidak begitu banyak tetapi setia?
Cholil : Kalau gue pribadi mau dua-duanya juga nggak kenapa-kenapa. Yang penting pesan lagu kami dapet ke orang banyak. Tapi kalau dilihat dari kondisinya sih, kami nggak akan kayak The Upstairs. (tertawa)
rantaikata : efek rumah kaca
Subscribe to:
Posts (Atom)